Layanan KB Sejuta Akseptor di Harganas ke-27

0
137
Pelayanan KB dalam rangka Harganas ke-27
Space Iklan

MAGETAN | GADING.NEWS — Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-27, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (PPKB) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak PPPA Kabupaten Magetan melaksanakan pelayanan KB serentak untuk Sejuta Akseptor. Aktivitas itu dilaksanakan sejak 25-29 Juni 2020.

Aksi tersebut melibatkan Dinas kesehatan (Dinkes), dokter, bidan, yang bertujuan mencari dan menggerakkan calon akseptor ke Faskes.

Giat ini tersusun mulai kader KB, yang mana bertugas membantu penyuluh KB mencari calon akseptor. Kodim 0804, membantu penggerakan pelayaban dan monitor pelayanan KB di faskes. pelayanan kb dengan kategori peserta KB baru, peserta KB pasca persalinan/ keguguran, KB ganti cara, KB pelayanan ulang.

Dari semua kategori kegiatan Hasil pelayanan dilaporkan melalui aplikasi pelaporan ke Pusat dan secara manual yang berjenjang.Hasil capaian laporan pelayaan KB sampai pukul 15.00.

Sebenarnya kegiatan sempat tergendala dukungan formal dinkes, tapi setelah ada surat arahan dari dinkes propinsi, dan koordinasi Dinkes ( salah satu kabid . Bpk Ir. Hananto prakosa M.Si) akhirnya terlaksana , strategi dinas PPKB PPPA adalah , mengarahkan calon akseptor ke klinik swasta, RSUD , Bidan praktek swasta, Disamping itu juga pelayanan rutin di puskesmas dengan syarat. Mengikuti protokol kesehatan, di jadwal, dan menyesuaikan dgn keterbatasan APD di puskesmas.

Share this:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here